Rabu, 06 Maret 2013

Backpacker Haram Bawa Koper!


Salah satu kendala berlibur dalam jangka waktu yang lama apalagi kalau bukan barang bawaan yang cenderung banyak. Kalau mau mengikutkan kata hati, bisa-bisa seluruh isi lemari dipindahin ke koper, terutama para cewek nih. Karena itu backpacker gak pernah bawa koper…..lha iya, asal katanya aja dari “backpack”.


Pengalaman saya sebagai backpacker, selalu membagi 2 barang bawaan. 1 tas peralatan kamera plus gadget (ingat, peralatan berharga jangan pernah letakkan dibagasi sebonafid apapun maskapai penerbangan yang anda tumpangi) dan satunya lagi ransel (backpack) yang berisi pakaian serta peralatan pendukung lainnya. Sehingga keduanya masih bisa saya masukkan kedalam kabin diatas kursi pesawat.

Biar bawaan tidak terlalu memberatkan selama dalam perjalanan, berikut ini solusi mengenai masalah barang bawaan untuk berlibur selama 7 sampai 10 hari. 

1.Bawa pakaian seperlunya saja,
idealnya membawa 1 celana jeans, 2 celana pendek berbahan katun, underwear bawa semaksimal mungkin soalnya gerah tauuu, 1 kemeja, 1 jaket, bawa t-shirt murah warna hitam, putih atau abu-abu minimal 6. Kenapa harus t-shirt murah? Karena jika dipertengahan atau diakhir perjalanan terlalu membebani….tinggalkan saja di penginapan.

     2.Bawa handuk kecil 
untuk mengantisipasi jika ternyata hotel tempat anda menginap tidak menyediakannya. Tapi bukan berarti kalau hotel menyediakan handuk trus bisa anda bawa pulang.....kecuali kepepet :D

     3.Perlengkapan pendukung lainnya 
yaitu topi atau penutup kepala dan kaos kaki yang akan sangat berguna jika anda memakai sandal/sepatu gunung sewaktu jalan-jalan.

     4.Peralatan mandi, 
sudah pasti yang harus dibawa adalah sabun tapi hindari membawa sabun cair. Bawa saja sabun batangan ala hotel yang lebih kecil dan simple beberapa buah atau gunakan pembersih muka sekaligus sebagai body wash. Odol dan sikat gigi itu sudah pasti selalu berpasangan. Shampoo?? Gunakan shampoo dalam kemasan sachet.

Tidak dianjurkan bawa gunting 
yg segede gini ya :D
 5.Obat-obatan? Hmmmm….............kalau memang tidak penting tidak usah dibawa karena toh di minimarket sekalipun sangat mudah menemukan obat bebas. Selain itu bawa juga sunblock, hand sanitizer, lotion anti nyamuk, gunting kuku, pulpen/pinsil dan buku saku jika perlu.
      6.Ahyaa….kacamata/sunglasses 
jangan lupa dibawa. Fungsinya selain membuat anda keliatan lebih keren kalau di foto, pada saat hasil fotonya jadi…kawan-kawan tidak ada yang tau kalau sebenarnya mata kelihatan lelah setelah seharian muter-muter kota berjalan kaki. Yang penting, sewaktu difoto tetap tersenyum. Klik!

     7. Diawal perjalanan 
biasanya teman-teman suka mengingatkan untuk  dibawain souvenir. Jangan pernah membawakan mereka oleh-oleh yang memberatkan dan menyita ransel anda seperti; makanan, t-shirt, sandal atau yang lainnya. Tapi belikan saja gantungan kunci atau magnet kulkas -bukan kulkasnya ya, ingat lho harus bisa dibedain- karena selain lebih ringkas, sekarang ini cukup banyak gantungan kunci dan magnet kulkas yang cukup menarik dari segi desain yang bisa dijumpai di setiap kota yang dikunjungi. 

contoh souvenir unik, ringkas dan tidak banyak makan space di ransel, 1 set tatakan gelas. 




4 komentar:

  1. Keren kali tipnya. makasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2....ntar kalo ada tulisan di blognya Eky tentang Thailand, boleh dong izin di share ya #maksa :D

      Hapus
  2. Boleh kok bang. nanti kapan-kapan ya, hehee..

    bang, usul boleh, blognya jangan pake Captcha doooong. Jadinya kan pada dikit yang komen. Perasaan yang komen cuma aku deeeh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp....ditunggu heheheee
      Iya Eky, maklum....new comer di blog2an :D

      Hapus