Jumat, 15 Maret 2013

6 Spot Sunset Terbaik di Banda Aceh

Banda Aceh itu ibarat negeri seribu mentari. Selain panas yang menyengat di siang hari -tapi gak perlu takut, anginnya kencang kok- Menjelang senja, anda bisa menatap mentari tenggelam dari sudut mana saja di kota ini. Ditambah lagi dengan warna-warni langit seperti kanvas raksasa dengan tumpahan cat Sang Pemilik Alam yang tiada tara. 

Momen-momen seperti itu yang selalu ditunggu oleh masyarakat sebelum azan magrib berkumandang. Mengagumi kebesaran Illahi. Sementara bagi para penggila foto, sunset is a precious moment. Sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Nah, berikut ini ada 6 spot terbaik untuk "menembak" matahari diseputaran Banda Aceh.

#1. Alue Naga












Setiap tahun, hanya pada bulan-bulan tertentu saja kita bisa menyaksikan mentari meluncur jatuh di kaki langit tanpa penghalang sama sekali. Alue Naga adalah salah satu lokasi memotret sunset yang bisa mewujudkan keinginan photographer yang ingin membuat foto sunset, dimana matahari benar-benar berada di garis horizon dengan langit yang dramatik. Cukup berdiri di susunan batu penahan ombak yang menjorok ke laut lalu tangkap momen itu. Capture it!
Tapi sayang, foto diatas saya ambil di bulan Mei tahun lalu saat posisi mentari jatuh di belakang Pulau Aceh. 

#2. Kuala Aceh










Menembak matahari melalui kamera DSLR gak selamanya harus menghasilkan foto dengan image matahari bulat total. Pemotret bisa memanfaatkan unsur pendukung yang ada disekitar lokasi pemotretan. Seperti; pohon, susunan batu atau aktifitas manusia. Terkadang warna langit senja yang dramatis mengalahkan keinginan kita memotret sunset itu sendiri.

#3. Lampulo Ujung



Jika anda tipikal photographer yang tidak suka mengabadikan matahari secara utuh, yang suka  memanfaatkan "property" yang ada disekitar lokasi pemotretan maka Lampulo Ujung adalah pilihan yang tepat untuk menghasilkan foto-foto sunset plus seperti yang anda kehendaki. Dermaga pelabuhan, batu penahan ombak, bangkai kapal adalah beberapa benda yang bisa menjadi siluet untuk mendukung foto sunset anda sedikit berbeda.

#4. Kampung Jawa
Salah satu efek pencahayaan senja yang sangat menarik untuk dibahas adalah efek siluet. Siluet adalah penerangan belakang yang akan menghilangkan detail, tekstur dan warna objek foto. Foto siluet diatas terjadi akibat unsur "ketidaksengajaan". 

Setelah menunggu matahari yang meluncur menuju garis batas langit, tiba-tiba awan tebal menggumpal menutupi wajah bulat matahari. Meski berada dalam situasi kurang mendukung namun Tuhan memberi pemandangan lain yang tidak kalah indah. Warna langit dengan cahaya yang sangat kontras dan kemunculan Ray of Light (RoL). Begitu selesai memotret langit yang mengagumkan tersebut ternyata hasil fotonya bikin surprise, foto  menghasilkan siluet sekumpulan manusia yang berada di pinggir pantai dengan warna-warni langit yang indah.
  
#5. Kampung Pande
Ini salah satu foto siluet yang memanfaatkan pepohonan yang berada disekeliling hutan bakau di Kampung Pande sebagai foreground namun tetap menampilkan matahari senja sebagai titik fokus.

#6. Ulee Lheue +  









Secara pribadi, meski sepanjang garis pantai Ulee Lheue bukan lokasi terbaik menatap matahari tenggelam tapi dia tetap menjadi lokasi favorit warga kota Banda Aceh duduk berlama-lama disini sampai senja. 

Masih menurut saya,hampir sepanjang tahun di lokasi ini sulit sekali mengabadikan sunset yang benar-benar utuh jatuh di garis horizon. Bisa jadi akibat kumpulan Pulau Aceh yang berada tepat di lepas pantai ini.

Namun....kita masih bisa mengakali keadaan ini. Salah satunya dengan memanfaatkan Escape Building. Ada 3 bangunan Escape Building (EB) di lokasi yang berbeda, yaitu; EB Gampong Lambung, EB Deah Glumpang dan EB Alue Deah Teungoh. Meski tiga EB tidak berada dikawasan Ulee Lheue namun   jika berada di puncak gedung ini,  anda tinggal mengarahkan kamera ke arah Ulee Lheue  men-shoot matahari tenggelam dengan leluasa. Ditambah satu lagi gedung yang paling dekat dengan  kawasan Ulee lheue yaitu gedung Tsunami Disaster Management Research Centre (TDMRC).

Keempat gedung yang saya disebutkan diatas, setiap hari bisa diakses. Gunakan lantai teratas (helipad EB) untuk memotret sunset meskipun matahari tetap jatuh dibalik Pulau Aceh. 
Escape Building Gampong Deah Glumpang, manfaatkan lantai teratas (helipad) gedung mitigasi ini sebagai lokasi pemotretan sunset 


Kalau anda punya lokasi favorit lain untuk mengabadikan sunset di sekitar Banda Aceh, ayo sharing disini. (y)



2 komentar:

  1. Fotonya bagus-bagus kali. Kalo aku asli gak bisa pintar ngambil foto kayak begini. Lha ngambil foto2 di Thailand aja banyak yang berantakan hasilnya, wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto yg bagus gak melulu dihasilkan dari merek kamera terkenal.... tp sudut pengambilan (angle) dan komposisi yg baik juga ikut menentukan sebuah foto disukai atau tidak oleh penikmat foto. Ntar kapan2 diajarin penguasaan fitur2 dikamera + belajar komposisi ya :D

      Hapus